Perkuat Hubungan Bilateral, Indonesia – Swedia Tandatangani MoU Pendidikan

By Admin

nusakini.com-- Menteri Pendidikan Tinggi dan Riset Swedia, Helene Hellmark Knutsson telah mengadakan pertemuan dengan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI. Pertemuan ini merupakan bagian dari kegiatan kunjungan Menteri Knutsson di Indonesia sebagai bentuk upaya peningkatan kerjasama bilateral di bidang riset, teknologi dan pendidikan tinggi. kemarin.

Menteri Knutsson didampingi oleh delegasi Rektor dari 6 universitas Swedia yg berada pada ranking universitas terbaik dunia, yaitu Royal Institute of Technology (KTH), Linköping University, Karolinska Institutet, Lund University, University of Gävle dan Stockholm School of Economics. Turut hadir Dubes Swedia untuk Indonesia dan Dubes RI untuk Swedia. 

Dalam pertemuan, kedua Menteri menyatakan apresiasi atas kerja sama bilateral yang telah dan sedang berlangsung di bidang riset, teknologi dan pendidikan tinggi, baik dalam kerangka G to G, Univeristy to University maupun Private to Private. 

Pertemuan dilanjutkan dengan penandatanganan MoU Kerja Sama Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI-Swedia oleh kedua Menteri. MoU ini merupakan tindak lanjut dari LoI (Letter of Intent) yg telah ditandatangani kedua menteri tahun 2016 di Stockholm dan akan bertindak sebagai payung kerja sama antara kedua negara. Penandatanganan MoU ditutup dengan Konferensi Pers bersama media nasional. 

Kegiatan dilanjutkan dengan penyelenggaraan Roundtable Meeting oleh Menristekdikti Swedia bertempat di Hotel Mandarin Oriental. Roundtable Meeting dihadiri seluruh delegasi Swedia, sejumlah rektor perguruan tinggi Indonesia, pejabat pemerintah, akademisi dan sektor swasta Indonesia serta wakil perusahaan Swedia di Indonesia. Roundtable Meeting ini diselenggarakan sebagai forum diskusi antara para pemangku kepentingan kedua negara dalam memperkuat kerja sama, sharing informasi dan best practices.​ (p/ab)